Monday, May 30, 2016

Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Kenyal dan Lezat

Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Kenyal dan Lezat ini kami bagikan karena sekarang menjelang bulan Ramadhan dimana para bunda sibuk menyiapkan makanan pilihan untuk berbuka dan sahur keluarga. Nah untuk kali ini resepmasakanpedo.blogspot.co.id akan menyajikan bagaimana cara membuat bakso daging sapi yang kenyal dan lezat yang bisa dihidangkan sebagai pelengkap sahur dan berbuka puasa keluarga.



Membuat bakso daging sapi sebetulnya mudah cuma kadang kita memang lebih memilih untuk membelinya karena penjual bakso banyak ditemukan dimana mana dan bakso sudah menjadi makanan khas nusantara. Namun karena Ramadhan jadwal makan kita terjadwal saat berbuka dan sahur, kita bisa mencoba membuat sendiri bakso dirumah. Selain hemat, kebersihannya pun terjaga selain itu bakso bisa disimpan dan bisa disajika kapan saja.

Berikut adalah Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Kenyal dan Lezat yang kami sadur dari resepmasakita.com.


 Resep Bakso Daging Sapi 

 Bahan / Bumbu :
  1. ½ kg daging sapi digiling
  2. 100 gram tepung kanji
  3. 50 gram es batu
  4. ¼ kg bawang putih, haluskan
  5. 1 butir telur ayam
  6. 1 sendok teh lada bubuk

Cara Membuat Bakso Sapi

  1. Awali dengan mencampurkan es batu, daging sapi giling telur dan juga bumbu bakso. Haluskan dengan menggunakan blander, mixer atau alat lain yang bisa untuk menghaluskan.
  2. Sambil mencampurkan bahan tersebut, tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, kemudian tuanglah bahan ini pada tempat lain.
  3. Bentuklah adonan sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, masukkan bakso yang sudah dibentuk ke dalam air yang sudah mendidih. 
  4. angkatlah bakso bentukan yang sudah mengapung itu berarti sudah masak.

Cara Membuat Kuah Bakso Sapi

Untuk membuat kuah bakso sapi caranya adalah sebagai berikut : Masaklah 3 liter air, campurkan dengan ¼ bawang putih yang dihaluskan, tulang sapi agar kuah berkaldu, 2 sendok garam, 1 sendok teh lada bubuk, 1 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh pala bubuk. Masak hingga mendidih.

Cara Penyajian Bakso Sapi dan Kuahnya

Cara untuk menyajikan bakso sapi dan kuahnya dasarnya adalah sebagai berikut : Masukkan bahan pelengkap bakso seperti bihun yang sudah direbus, saus tomat, kecap manis, bawang goreng, daun seledri, dan juga sambal sesuai selera. Kemudian siramkan kuah dan tambahkan beberapa butir bakso, hidangkan selagi hangat.

Bakso yang kita buat dari  Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi di atas bisa kita hidangka langsung atau bisa kita gunakan sebagai pelengkap untuk masakan lainnya. Terlebih lagi saat Ramadhan kita harus punya banyak stok masakan yang siap saji untuk kebutuhan masak saat sahur atau berbuka. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Coba juga resep masakan lezat lainnya seperti resep sambal goreng ayam printil dan resep sayap ayam goreng renyah yang telah kami sajikan sebelumnya di blog resep masakan ini.

Sumber : http://resepmasakita.com/resep-membuat-bakso-sapi-kenyal-dan-kuahnya/